detskikut.com

Perbasi Jakarta Gelar Raker 2024: Targetkan Emas di PON 2024

Raker Perbasi Jakarta 2024.
Lexyndo Hakim selaku Ketua Perbasi Jakarta memimpin rapat kerja jelang PON 2024 (dok.Perbasi Jakarta)

Jakarta -

Perbasi Jakarta baru saja menggelar rapat kerja 2024. Para pengurus berkeinginan untuk mempertahankan medali emas di PON 2024.

Raker Perbasi Jakarta 2024, Senin (29/4/2024) dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih. Turut hadir pula dalam pembukaan Kadispora Jakarta Andri Yansah, dan perwakilan KONI Jakarta.

Sejak pertama kali dilantik pada 2022, Fokus utama kepengurusan Perbasi Jakarta pimpinan Lexyndo Hakim adalah modernisasi, transparansi, terobosan, kolaborasi, dan sinergi. Pembenahan administrasi, hingga pemberian honorarium bagi wasit di Jakarta berhasil dilakukan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Catatan untuk perwasitan, da kenaikan pemasukan untuk honorarium di wasit. Sehingga wasit mendapat honor yang banyak dan layak," ujar Lexyndo dalam rilis kepada detikSport.

"Ini penting karena ketika kepengurusan awal, kami tidak tahu kusutnya seperti apa. Di awal kami masih menguliti dan berhasil memberi yang terbaik untuk para wasit di Jakarta," sambungnya.

ADVERTISEMENT

Dalam perjalanan dua tahun menakhodai Perbasi Jakarta, tantangan dihadapi Lexy untuk menuai prestasi. Keberhasilan Jakarta merebut medali emas di PON Papua 2020 untuk kategori putra menjadi tolok ukur.

Untuk PON 2024 di Aceh, Perbasi Jakarta tak mau tradisi medali emas lepas dari genggaman. Berbekal prestasi yang diraih di level Kejuaraan Nasional (Kejurnas), dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Perbasi Jakarta optimistis bisa mendulang prestasi.

Beberapa pekan lalu, Jakarta meraih emas pada Kejurnas Klub putra KU-17 yang kebetulan diwakili oleh ARAS GM Jakarta, sementara Victoria Jakarta finis di posisi ketiga.

"Tahun 2023-2024 tentu kami patut bersyukur, bisa meloloskan semua tim basket putra putri 5on5 dan 3x3 DKI Jakarta ke PON 2024, dan bahkan di tingkat Pelajar, kami mengawinkan gelar emas putra dan putri, di Popnas Palembang," tutur Lexyndo.

"Buat kami, PON bukan sebagai ajang olahraga tahunan, tapi juga sebagai panggung untuk menampilkan semangat juang dan dedikasi atlet-atlet basket asal Jakarta. Tradisi emas PON juga bukanlah hanya sekedar kumpulan medali emas, melainkan cerminan dari kerja keras, kesungguhan dan kerjasama komprehensif yang telah ditanamkan oleh para atlet pelatih serta pengurus."

Berkat semangat kolaborasi dan sinergi yang diusung, Perbasi Jakarta juga mendapat kehormatan menjadi tuan rumah beberapa ajang bergengsi seperti DBL Camp dan DBL Final Series beberapa waktu lalu. Ke depannya, Perbasi Jakarta juga menyiapkan turnamen bergengsi seperti Liga Basket Putri yang dihelat tahun ini.

"Dalam rapat kerja hari ini, ada yang kami putuskan yakni Liga Putri Jakarta 2024 akan diselenggarakan. Lalu untuk Kejurprov 2024, kami selenggarakan sesuai arahan pusat yakni di kelompok usia genap," tutur Sekretaris Umum Perbasi Jakarta Arief Satria.

Dalam rapat kerja ini, Perbasi Jakarta turut mengumumkan tiga manajer tim untuk PON 2024. Untuk tim putra, Perbasi Jakarta menunjuk Reza Sumendap sebagai manajer.

Sementara di tim 3x3 putra, manajer tim diisi Deyra Supriyadi. Adapun tim 3x3 putri, Perbasi Jakarta menunjuk Leonardus Kuswanto.

Adapun posisi manajer tim 5on5 putri saat ini masih belum ditentukan. Ada beberapa pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

"Untuk 5on5 putri akan kami susulkan. Kami tak ingin gegabah karena peran manajer sangat penting untuk urusan non teknis yang berhubungan dengan prestasi," tutur Arief.



Simak Video "Hasil Indonesia Vs Uzbekistan: Kalah 0-2, Garuda Muda Gagal Melaju ke Final "
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat