detskikut.com

Hasil Basket 3x3 Regional Sumatra

Final Regional Sumatra Basket 3x3 sudah selesai. Ajang ini berlangsung pada 1 Mei 2024 di Lapangan Benteng Medan, lima tim juara di masing-masing kategori sudah didapat.
Foto: Istimewa

Jakarta -

Final Regional Sumatra Basket 3x3 sudah selesai. Berikut hasil dan daftar juaranya.

Ajang ini berlangsung pada 1 Mei 2024 di Lapangan Benteng Medan, lima tim juara di masing-masing kategori sudah didapat.

Untuk kategori putra kelompok umur U-23, Polonia Ballstar keluar sebagai juara usai menang atas Alumni Sutomo Muda dengan skor 11-8.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian untuk U-23 ketegori putri, tim juara adalah Polonia Ballstar A. Mereka juara usai atasi perlawanan Medan Hijau dengan skor 7-5.

"Syukur alhamdulillah bisa menang. Gak nyangka mimpi jadi kenyataan. Titel juara ini menjadi modal berharga kami menatap PON Aceh-Sumut 2024. Menambah motivasi dan jadi tahu kekurangan agar bisa juara di PON nanti karena memang kami dipersiapkan untuk PON," terang Tasya Adila, salah satu pemain Polonia Ballstar A.

ADVERTISEMENT

Selanjutnya kategori U-18 putra. Tim juara adalah Sutomo 1A. Mereka jadi yang terbaik usai kalahkan Angsapura X dengan kedudukan 6-3.

Lalu kategori U-15 putra, XYZ C keluar sebagai juara usai di final mengalahkan Sutomo 1A denhan kedudukan 10-9.

Adapun untuk kategori U-12 Mix, SD Methodist 2 sukses jadi yang terbaik. Di partai final, mereka mengalahkan I-Basketball dengan kedudukan 8-6.

Di ajang ini juga diberikan penghargaan untuk pemain terbaik di setiap kategori. Untuk kategori U-12 Mix, pemain terbaik atau MVP disabet Cavin Stewart dari SD Methodist 2.

Kemudian untuk kategori U-15 putra, pemain terbaik disematkan kepada Ngguino Allesandro dari Sutomo 1A. Lalu kategori U-18 putra, Marcus Lim dari Angsapura X jadi MVP.

Adapun di kategori U-23, Ashima Yohana Tobing dari Polonia Ballstar A didaulat menjadi MVP untuk putri. Kemudian untuk sektor Putra, Billy Chang dari Polonia Ballstar terpilih sebagai MVP.

Salah satu peserta dari tim XYZ C yang merupakan juara dari kategori U-15 Putra, Justin Lunar, mengaku senang dengan adanya turnamen ini. Titel juara yang didapat layak dirayakan bersama.

"Saya senang bisa juara. Ini adalah permainan tim. Kunci kemenangan kami karena teamwork yang bagus," ungkap Justin dalam keterangan pers.

"Banyak teman beri selamat atas kesuksesan ini. Ada juga yang bilang keren. Keren kerja samanya. Jadi semakin bangga," lanjutnya.

Dalam ajang ini, Justin bersama rekannya berhak atas hadiah uang Rp3 juta. Hadiah tersebut dibagi dengan rekan setimnya dan untuk makan bersama.

"Kami berharap ada lagi ajang seperti ini di Medan untuk tahun berikutnya. Turnamen ini memberikan kami banyak pelajaran untuk menjadi lebih baik, seperti harus lebih kompak lagi, mental harus kuat lagi, dan harus lebih tenang serta perbanyak passing," ucapnya.

Sebagai penyelenggara, PT Supersport Sensation bersama PP PERBASI dan didukung oleh PT Bank Mandiri Tbk, melalui Direktur Utama Azwan Karim mengatakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Sumatra Utara, khususnya Medan. Mereka antusias menyambut dan sukseskan acara ini dari awal sampai akhir.

"Euforia yang tersaji sejak Play-In Tournament hingga final regional Sumatra ini, menunjukkan bahwa sangat tepat pemilihan Medan sebagai pelaksanaan untuk Regional Sumatra Mandiri 3X3 Indonesia Tournament," ujar Azwan.

"Medan dipilih karena memang populasi kegiatan dan juga bagi adik-adik atlet ini lebih banyak di Medan. Ini sesuai dengan petunjuk atau arahan dari PP PERBASI," terang Azwan.

Waketum Bidang 3X3 dan Minibasket PP PERBASI Jamin Mattotoran juga tak henti-hentinya angkat topi untuk antusiasme Kota Medan untuk Basket 3X3. Semangat yang muncul tidak hanya dari pemain tapi juga penonton.

"Hal ini menunjukkan bahwa 3X3 berkembang pesat di luar Jawa. Harapan dari PP PERBASI, semoga seri lainnya juga akan semeriah di Regional Sumatra yang dilaksanakan di Medan ini," terang Jamin.

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament tahun ini memasuki tahun ketiga. Pada pelaksanaan tahun ini, kota penyelenggara tidak hanya fokus di Jawa melainkan juga di luar Jawa.

Selain Medan, sebagai pelaksana Regional Sumatra, ajang ini juga akan singgah ke Sulawesi dengan Makassar sebagai tempat pelaksanaan. Selain itu juga akan ada Seri Jawa yang tersebar pelaksanaannya di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Untuk final regional Jawa akan terlaksana di Yogyakarta. Tahun ini, ada kategori tambahan yang dipertandingkan, yaitu Lite Quest. Ajang ini terbuka untuk umum dengan peserta maksimal 16 khusus tim putra. Pelaksanaannya pada 18 Agustus di Jakarta.

"Adanya turnamen ini supaya kita bisa mencari atlet-atlet yang berprestasi yang bisa kita andalkan di event nasional maupun internasional yang akan datang. Makanya ada kelompok umur U-12, U-15, U-18, dan U-23. Sebagai Perbasi, kita mendorong event sebanyak-banyaknya siapapun itu penyelenggaranya," ujar Ketum Pengprov Perbasi Sumut Iwan Hartono Alam.

Distribusi juara basket 3x3 regional Sumatra:

U23 putra
1.Polonia ballstar
2.alumni sutomo muda

U23 putri
1.polonia ballstar a
2.medan hijau

U18 putra
1.sutomo 1 a
2.angsapura x

U15 putra
1.xyz c
2.sutomo 1 a

U12 mix
1. Sd methodist 2
2. I-basketball



Simak Video "Momen Kocak El Rumi, Indra Jegel dan Marshel Widianto di DBL Fest 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat