detskikut.com

Serba-serbi di NBA Draft 2024

NBA Draft 2024
Foto: dok NBA

Jakarta -

NBA sudah bersiap untuk musim baru. NBA Draft 2024 sudah dimulai, berikut serba-serbinya yang harus kamu tahu!

Musim NBA 2023-2024 ditutup dengan Boston Celtics yang merebut gelar sebagai juara NBA. Namun, liga ini sudah bersiap untuk hal berikutnya karena NBA Draft yang dinanti-nanti kembali hadir untuk yang ke-78 kalinya.

Ajang pencarian bakat tahunan di mana tim-tim memilih pemain yang memenuhi syarat untuk bergabung dengan liga ini menjadi momen penting bagi franchise yang ingin membangun tim mereka dengan bakat-bakat baru.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam keterangan yang diterima detikSport, NBA Draft 2024 dijadwalkan berlangsung di New York City pada Kamis, 27 Juni 2024 pukul 7.00 WIB
(putaran pertama) dan Jumat, 28 Juni 2024 pukul 3.00 WIB (putaran kedua) yang akan ditayangkan di NBA League Pass.

Melanjutkan tradisi dengan bibit-bibit baru dari para bintang universitas, pemain internasional yang menonjol, dan bakat tersembunyi, tim-tim akan berlomba-lomba untuk menemukan generasi superstar NBA berikutnya.

ADVERTISEMENT

Berikut serba-serbi NBA Draft 2024:

1. Atlanta Hawks Menjadi yang Pertama untuk Memilih

Menjelang musim baru, NBA Draft memberikan kesempatan bagi tim untuk memperbarui daftar pemain mereka. Melalui sistem undian, tim yang tidak lolos ke babak playoff memiliki kesempatan untuk mendapatkan pick teratas (1-14), sementara tim lain memilih berdasarkan rekor musim reguler (15-60).

Atlanta Hawks mendapatkan pick pertama, keputusan penting yang akan menentukan masa depan mereka. Ini merupakan kali kedua mereka mendapatkan pick nomor satu, dengan potensi mengulangi kesuksesan mereka dengan David Thompson pada tahun 1975. Urutan draft berlanjut dengan Washington Wizards, Houston Rockets, dan seterusnya, dengan Boston Celtics berada di pick ke-58. Perlu dicatat, tim-tim seperti Philadelphia dan Phoenix akan absen di
putaran kedua karena sanksi.

2. Format Baru Dua Malam - Memberikan Lebih Banyak Waktu untuk Pick Putaran Kedua

Mengubah tradisi, NBA Draft 2024 akan menjadi acara dua malam. Putaran pertama dimulai di Barclays Center di Brooklyn, diikuti oleh putaran kedua di Seaport Studios milik ESPN di New York. Perubahan ini tidak hanya sebatas lokasi. Tim-tim akan memiliki lebih banyak waktu untuk merencanakan strategi antara putaran, dengan waktu pilihan untuk putaran kedua diperpanjang menjadi empat menit dari waktu awal dua menit.

"Berdasarkan masukan terkait format NBA Draft dari para eksekutif bola basket di seluruh liga dan pengalaman saya sendiri di ruang draft, kami percaya bahwa tim-tim mendapatkan keuntungan dari kemampuan untuk berdiskusi kembali antara putaran dan memiliki waktu tambahan untuk membuat keputusan selama putaran kedua," kata Joe Dumars, NBA Executive VP.

Selain memberikan lebih banyak waktu bagi tim-tim, format baru juga akan memberikan kesempatan lebih baik bagi para pemain untuk menonjol. "Dua malam liputan waktu primetime juga akan meningkatkan pengalaman menonton bagi para penggemar kami dan lebih menampilkan para calon draft," kata Joe Dumars.

NBA Draft sebelumnya menunjukkan bahwa babak kedua dari draft sama pentingnya dengan babak pertama. Sejak sistem draft dua babak diterapkan pada tahun 1989, setidaknya ada 21 bintang NBA All-Star dan 16 pemenang Kia Performance Award yang berasal dari babak kedua draft. Mereka adalah legenda yang terkenal, seperti Nikola Jokic (pilihan ke-41, pemenang 3 kali Kia NBA MVP Award), Dino Radja (pilihan ke-40, anggota Naismith Basketball Hall of Fame), Draymond Green (pilihan ke-35, pemenang Kia NBA Defensive Player of the Year dan beberapa kali dipilih sebagai NBA All-Star), dan Isaiah Thomas (pilihan ke-60, 2 kali NBA All-Star dan 1 kali masuk dalam KIA All-NBA Team).

3. Lebih dari 120 Prospek, tapi Hanya 58 yang Bisa Dipilih

NBA Draft Combine ramai dengan antisipasi karena lebih dari 120 talenta berbakat - campuran antara bintang lokal dan bakat internasional - bersaing untuk mendapatkan tempat di antara 58 pilihan draft yang tersedia. Acara global ini mencerminkan pengaruh internasional yang semakin besar dalam bola basket, menawarkan kesempatan kepada tim-tim untuk memilih bintang-bintang masa depan yang akan membentuk musim 2024-25 mereka.

Draft ini bukan hanya tentang menemukan LeBron James berikutnya, tapi ini merupakan waktunya untuk menemukan ikon-ikon internasional seperti Manu Ginobili, dan Yao Ming. Dengan strategi yang cermat, tim dapat menemukan bakat tersembunyi yang akan menuliskan sejarah di NBA.

4. Perbincangan Sebelum Draft, Siapa yang akan Di-draft?

Dengan NBA Draft 2024 yang akan segera berlangsung, antisipasinya sangat tinggi. Mock draft, sebuah tradisi penggemar dan analis, sedang berjalan dengan lancar, menawarkan prediksi tentang siapa yang akan dipilih oleh masing-masing tim. Pilihan utama untuk Atlanta Hawks menjadi topik hangat. Consensus Mock Draft menunjukkan keputusan yang terbagi, dengan Alexandre Sarr (Perth Wildcats, Australia) dan Zaccharie Risacher (JL Bourg-en-Bresse, Perancis) yang bersaing untuk terpilih. Para pemain internasional ini menjadi bukti akan pertumbuhan talenta global yang berdampak pada NBA.

Para pemain unggulan dari universitas dan prospek G League Ignite seperti Cody Williams dan Matas Buzelis juga membangkitkan semangat. Selain itu, potensi akan duo ayah-anak LeBron James dan Bronny James menjadi magnet media. Laporan penilaian bakat Bronny menunjukkan seorang atlet yang terampil dengan IQ bola basket yang tinggi, namun masih ada pertanyaan mengenai kemampuan tembakannya dan pengendalian bola.

5. Harapkan yang Tak Terduga

NBA Draft adalah malam penuh dengan antisipasi dan tebak-tebakan. Meskipun mock draft menawarkan prediksi, keajaiban yang sesungguhnya terletak pada hal-hal yang tidak terduga. Ingatkah kamu saat Cleveland Cavaliers memberi kejutan dengan memilih Anthony Bennett pada tahun 2013, atau Toronto Raptors yang memilih Scottie Barnes pada tahun 2021?

Tahun ini menjanjikan intrik yang sama. Tim-tim yang sedang berusaha untuk bangkit kembali seperti San Antonio Spurs dan Detroit Pistons dapat melakukan pembelian atau pertukaran pemain yang berani untuk memulai masa depan mereka. Para pesaing mungkin akan mencari bagian yang hilang untuk meraih kejayaan. Kesepakatan di menit-menit terakhir, pilihan berisiko tinggi, dan transaksi yang tidak terduga - ini adalah bahan-bahan yang membuat para penggemar tetap duduk tegak dan tegang. NBA Draft 2024 siap menjadi malam yang mendebarkan dan ajang menulis ulang sejarah para tim dan pemain.

(aff/rqi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat