detskikut.com

Masa Depan Belum Jelas, Joan Mir Akan Tiru Marc Marquez?

Honda Spanish rider Joan Mir is pictured in the box during the second MotoGP free practice session of the Moto Grand Prix of Catalonia at the Circuit de Catalunya on September 1, 2023 in Montmelo on the outskirts of Barcelona. (Photo by LLUIS GENE / AFP)
Foto: AFP/LLUIS GENE

Jakarta -

Eks juara dunia MotoGP Joan Mir belum memiliki tim untuk musim depan. Mir mengisyaratkan bisa saja akan meniru Marc Marquez dengan memperkuat tim satelit.

Pebalap Spanyol itu tinggal memiliki sisa kontrak dengan Honda sampai akhir 2024. Di sisi lain, Mir sangat kesulitan di sana sejak bergabung pada musim lalu.

Jona Mir sama sekali gagal naik podium, bahkan finis terbaiknya sejauh ini hanyalah P5 di balapan utama seri India 2023. Alhasil, Mir meraih hasil mengecewakan setelah menuntaskan musim debutnya dengan Honda di posisi ke-22 klasemen akhir, dan kini nangkring di peringkat 18 usai baru mengumpulkan 13 poin.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, kursi pebalap di tim-tim pabrikan mulai penuh. Sejauh ini cuma tiga opsi yang paling memungkinkan: Aprilia, Yamaha, atau bertahan di Honda. Padahal tim berjuluk Golden Wing itu belum menunjukkan tanda-tanda akan segera bangkit dari keterpurukan.

Sementara itu Marc Marquez mengambil keputusan besar dengan meninggalkan Honda usai 11 tahun. Seperti diketahui Marquez frustrasi karena Honda tak kunjung meningkat sampai akhirnya rela "turun level" setelah menyeberang ke Gresini, tim satelit Ducati.

ADVERTISEMENT

Joan Mir akan menunggu tawaran yang datang sampai seri Belanda di akhir bulan kini. Mir mengaku sempat konsultasi dengan Marc Marquez.

"Aku sudah sering kali berbicara dengan Marc. Bagaimana perasaan dia pada tahun lalu dan bagaimana perasaan dia sekarang. Aku sudah memiliki sebuah contoh yang bisa kuikuti atau yang lain yaitu bertahan di situasi ini [di Honda]. Jadi aku tidak tahu," sahut dia dilansir Crash.

"Mungkin di Assen, aku perlu memikirkan lebih jelas [tentang] apa yang ingin kulakukan. Aku butuh memiliki semua opsinya untuk memutuskan [daripada] mengatakan bahwa aku tahu persis ke mana aku ingin pergi," sambung dia.

"Tapi sekarang tidak demikian. Aku tidak tahu ke mana aku ingin pergi. Jadi aku akan menunggu sampai aku memiliki semua tawarannya dan setelah itu aku akan memilih," lugas Joan Mir.



Bagnaia Tak Cuma Naik ke Puncak Klasemen, Tapi Naik Pelaminan Juga

Bagnaia Tak Cuma Naik ke Puncak Klasemen, Tapi Naik Pelaminan Juga


(rin/mrp)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat