detskikut.com

Ada Marc Marquez di Balik Kepindahan Pramac ke Yamaha

LE MANS, FRANCE - MAY 12: Jorge Martin of Spain #89 and Prima Pramac Racing (Ducati) and Paolo Campinoti (Team Principal of Prima Pramac Racing) celebrate the victory during the podium ceremony following the 2024 MotoGP of France (race) on day 3 of the Michelin Grand Prix de France 2024 at the Circuit Bugatti on May 12, 2024 in Le Mans, France. (Photo by Jean Catuffe/Getty Images)
Foto: Getty Images/Jean Catuffe

Jakarta -

Pramac Racing dipastikan menyeberang ke Yamaha mulai 2025. Keputusan itu dipengaruhi oleh keputusan Ducati mempromosikan Marc Marquez bukannya Jorge Martin.

Pramac mengakhiri kerja sama dengan Ducati yang berlangsung selama hampir dua dekade. Selanjutnya, tim balap Italia itu akan memakai mesin Yamaha setelah meneken kontrak yang diyakini selama tujuh tahun.

Menurut gosip yang beredar, Pramac kecewa karena pabrikan Italia itu terindikasi ingin menghentikan suplai motor spesifikasi pabrikan, yang kemudian akan diberikan kepada VR46. Namun, rupanya ada faktor lain di balik kepindahan Pramac ke Yamaha.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bos Pramac Paolo Campinoti mengungkapkan, pihaknya merasa dikecewakan Ducati karena berpaling dari Jorge Martin. Tim Borgo Panigale itu sendiri sudah dua kali "menyingkirkan" Martin, yaitu ketika memilih Enea Bastianini dan kini Marquez.

"Kami sangat yakin pada proyek Yamaha. Kami sangat yakin pada kapasitas dan kemampuan Yamaha untuk bangkit. Kami pikir waktu kami di Ducati sudah berakhir dan kami memiliki beberapa pilihan yang tidak kami bagi, kami tidak setuju dan menjadi tim junior Ducati adalah impian kami," sahut Campinoti kepada MotoGP.com.

ADVERTISEMENT

"Juga, untuk membawa pembalap muda ke tim pabrikan adalah misi kami. Kami telah mencapainya berkali-kali tetapi tahun ini kami sedikit kecewa; tidak kecewa karena itu bukan istilah yang tepat tetapi kami merasa telah dikecewakan," cetus dia.

"Kami pikir Martin adalah kandidat yang lebih baik untuk dipromosikan. Kami telah melihat beberapa perubahan strategi yang tidak lagi cocok bagi kami. Kami kemudian memiliki peluang besar lainnya sehingga kami memutuskan untuk melakukannya," Campinoti menambahkan.

Setelah gagal promosi ke Ducati, Jorge Martin memilih bergabung dengan Aprilia dalam kesepakatan kontrak multi tahun. Martin dipastikan berduet dengan Marco Bezzecchi, yang digaet dari VR46.



Martin Juara Sprint Race MotoGP Jerman, Bagnaia Ketiga

Martin Juara Sprint Race MotoGP Jerman, Bagnaia Ketiga


(rin/nds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat