detskikut.com

Tragis! Thailand Gagal Lolos ke Ronde Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

BANGKOK, THAILAND - JUNE 11: Suphanan Bureerat of Thailand (L) shows dejection after the FIFA World Cup Asian second qualifier Group C match between Thailand and Singapore at Rajamangala National Stadium on June 11, 2024 in Bangkok, Thailand. (Photo by Apinya Rittipo/Getty Images)
Thailand gagal menyusul jejak Indonesia. Foto: Getty Images/Apinya Rittipo

Bangkok -

Perjalanan Thailand di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia berakhir tragis. Meski mampu menekuk Singapura 3-1 di laga terakhir Grup C, namun tim asuhan Masatada Ishii tetap gagal melaju ke fase berikutnya karena kalah head-to-head dari China.

Bermain di Stadion Rajamangala, Selasa (11/6/2024), tuan rumah memimpin lebih dulu lewat gol Suphanat Mueanta pada menit ke-37. Ikhsan Fandi menyamakan skor pada menit ke-57, namun gol Poramet Arjvirai (79') dan Jaroensak Wonggorn (86') memastikan tiga poin untuk Thailand.

Kemenangan ini membuat Thailand mengumpulkan 8 poin dari enam laga, namun mereka harus puas finis di posisi ketiga karena di laga lain, China 'hanya' kalah 0-1 dari Korea Selatan. Gol Lee Kang-in menjadi satu-satunya yang mampu membobol gawang Wang Dalei.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

China finis di urutan kedua dengan delapan poin, sama dengan Thailand. Bahkan selisih gol kedua tim juga sama, yakni membobol lawan 9 kali dan kebobolan 9 kali. Dalam kasus seperti ini, maka FIFA menetapkan hasil pertemuan kedua tim sebagai faktor penghitung selanjutnya. Di sinilah China unggul.

Dalam pertemuan pertama di Bangkok ada November 2022, China menang 2-1. Lalu saat kedua tim kembali bertemu di Shenyang pada Juni 2024, Thailand yang sempat unggul lebih dulu akhirnya harus puas bermain imbang 1-1.

ADVERTISEMENT

Dengan demikian, maka China-lah yang melaju ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menemani Korea Selatan sebagai juara Grup C dengan 16 poin. Sedangkan Thailand dan Singapura yang menempati posisi 3-4 akan mengikuti putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2027.

(adp/pur)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat