detskikut.com

De la Fuente Bangun Spanyol dari Pemain yang Dilatihnya Sejak Junior

MUNICH, GERMANY - JULY 09: Rodri and Mikel Merino (L-R) of Spain celebrate victory after the UEFA EURO 2024 semi-final match between Spain v France at Munich Football Arena on July 09, 2024 in Munich, Germany. (Photo by Marvin Ibo Guengoer - GES Sportfoto/Getty Images)
Foto: Getty Images/Marvin Ibo Guengoer - GES Sportf

Munich -

Tangan dingin Luis de la Fuente membawa Spanyol menembus final Piala Eropa 2024. De la Fuente membangun Tim Matador dari pemain yang dilatihnya sejak junior.

Spanyol berhasil melaju ke final Piala Eropa 2024. Kepastian tersebut didapat usai La Furia Roja menang atas Prancis 2-1 pada babak semifinal yang berlangsung di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Tim Matador sempat tertinggal lebih dulu akibat gol dari Randal Kolo Muani. Namun, mereka bisa membalikkan kedudukan usai Lamine Yamal dan Dani Olmo mencatatkan namanya di papan skor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Spanyol melaju ke final dengan rekor sempurna selalu menang di enam laga pada Piala Eropa 2024. Performa menawan Spanyol di Euro 2024 tak lepas dari tangan dingin Luis de la Fuente.

De la Fuente mampu menjawab keraguan akan kapasitasnya melatih Spanyol. Keraguan itu muncul karena sebelumnya ia hanya melatih klub-klub papan tengah LaLiga dan timnas kelompok umur Spanyol dari U-18 sampai U-23.

ADVERTISEMENT

Namun karena hal inilah De La Fuente mampu membangun skuad Spanyol yang solid. Pasalnya, para penggawa La Furia Spanyol banyak yang dilatih De La Fuente sejak junior. Ia tentu dengan baik mengenal kemampuan para pemainnya.

De la Fuente mampu mengembangkan bakat-bakat muda Spanyol ini . Menilik dari ia mengantarkan Spanyol U-19 dan U-21 juara Piala Eropa pada 2015 dan 2019. Serta juga menembus semifinal bersama tim U-19 dan U-21 pada Euro 2013 dan 2021.

Unai Simon, Rodri, Mikel Merino jadi pemain alumni juara Euro U-19 di skuad Spanyol saat ini. Sementara alumni U-21 di Euro 2019 dan 2021 ada Marc Cucurella, Fabian Ruiz, Dani Olmo, Mikel Oyarzabal, Martin Zubimendi, dan Pedri. De La Fuente juga berani mempromosikan pemain-pemain muda di skuad Spanyol saat ini seperti Nico Williams hingga Lamine Yamal.

Setelah mampu memenangkan Euro bersama timnas U-19 dan U-21 Spanyol, ia kini diambang mengangkat trofi di ajang tersebut dengan tim senior. Spanyol kini menanti pemenang laga Belanda vs Inggris untuk menjadi lawan mereka di final.

Saksikan Live DetikSore:



Spanyol Vs Inggris: Pedri Cedera, De La Fuente Panggil Gavi

Spanyol Vs Inggris: Pedri Cedera, De La Fuente Panggil Gavi


(pur/aff)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat