detskikut.com

Dani Olmo: Kemarin Cadangan, Kini Jagoan

Spains Dani Olmo celebrates after scoring his sides second goal during a semifinal match between Spain and France at the Euro 2024 soccer tournament in Munich, Germany, Tuesday, July 9, 2024. (AP Photo/Manu Fernandez)
Foto: AP/Manu Fernandez

Munich -

Dani Olmo awalnya cuma penghangat bangku cadangan Timnas Spanyol di Euro 2024. Kini Olmo jadi jagoan, bawa Tim Matador ke final, masuk perburuan daftar top skor pula!

Spanyol melangkah ke final Euro 2024, setelah tumpaskan Prancis 2-1 pada babak semifinal, Rabu (10/7) dini hari WIB. Gol penentu dicetak Dani Olmo di menit ke-25.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain Lamine Yamal yang mencuri panggung dari Timnas Spanyol, rasa-rasanya Dani Olmo tak bisa dipandang sebelah mata. Olmo yang semula cuma jadi cadangan kini jadi jagoan!

Olmo awalnya bak ban serep dari Pedri. Dirinya pun belum pernah bermain sebagai starter sejak di fase grup, alias cuma jadi pemain pengganti. Namun ketika Pedri dihantam cedera akibat benturan dengan Kroos di perempatfinal, Olmo langsung menyala.

ADVERTISEMENT
COLOGNE, GERMANY - JUNE 30: Dani Olmo (10) of Spain celebrates after scoring a goal during the UEFA EURO 2024 round of 16 match between Spain and Georgia at Cologne Stadium (RheinEnergieStadion) on June 30, 2024 in Cologne, Germany. (Photo by Gokhan Balci/Anadolu via Getty Images)Dani Olmo (Foto: Anadolu via Getty Images/Anadolu)

Dani Olmo merupakan pemain serba bisa. Pemain berusia 26 tahun itu bisa diplot sebagai gelandang serang atau melebar bergerak ke sayap.

Namun, pelatih Luis de la Fuente memasangnya di posisi gelandang yang biasa diisi Pedri. Hasilnya, wow!

Olmo pun kini sudah mengemas tiga gol di Euro 2024. Dirinya bersaing dengan Cody Gakpo (Belanda), sebagai satu-satunya striker yang masih berlaga dan jumlah golnya sama.

Tiga gol Olmo tercipta seluruhnya di fase gugur dan jadi pembeda buat Tim Matador. Satu gol ke gawang Jerman di perempatfinal untuk unggul duluan, satu golnya lagi ke gawang Prancis untuk mengunci kemenangan. Sebelumnya, satu golnya dicetak di babak 16 besar dalam pesta gol atas Georgia 4-1.

Dani Olmo rupanya jebolan tim akademi Barcelona, La Masia. Sayangnya, Olmo cuma bertahan di Barca U-18, lalu lanjut ke Dinamo Zagreb di tahun 2014. Olmo kemudian bermain di Bundesliga Liga bersama RB Leipzig sejak tahun 2020.

Olmo yang sepertinya bukan siapa-siapa kini jadi jagoan Spanyol untuk jadi kampiun Euro 2024. Selangkah lagi!

(aff/pur)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat