detskikut.com

Koeman: Belanda Kalah karena Inggris Lebih Baik

Dortmund -

Belanda mesti mengakui keunggulan Inggris 1-2 di semifinal Euro 2024. Ronald Koeman mengatakan, kekalahan Belanda turut dipengaruhi skuad lawan yang lebih baik.

Bertanding di Stadion BVB, Dortmund, pada Kamis (11/7/2024) dinihari WIB, Inggris lebih dominan. Tiga Singa memiliki penguasaan bola yang hampir mencapai 60% dengan total sembilan percobaan (5 on target). Sedangkan Belanda melepaskan tujuh percobaan (2 on target).

Meski demikian, De Oranje sukses mengejutkan rivalnya itu dengan gol cepat Xavi Simons di menit ketujuh. Inggris membalas 11 menit berselang melalui penalti kontroversial, yang dikonversi Harry Kane.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelahnya kedua tim saling menghasilkan peluang. Sundulan Denzel Dumfries mengenai mistar gawang, dibalas dengan tembakan Phil Foden menghantam sudut atas tiang.

Akan tetapi, Inggris akhirnya keluar sebagai pemenang. Pemain pengganti Ollie Watkins mencetak gol penentu di menit akhir untuk meloloskan the Three Lions ke final Piala Eropa back to back, sekaligus mematahkan hati Belanda.

ADVERTISEMENT

Koeman menepis anggapan Belanda sudah puas dengan pencapaian sampai semifinal Euro 2024. Menurut dia, hasil ini tidak sepenuhnya karena performa para pemainnya.

"Tidak, bukan seperti itu. Saya tidak tahu mengapa anda menanyakan pertanyaan ini," ceplos pelatih Belanda itu dikutip Metro. "Jika Anda bermain di sebuah semifinal, tentu saja, anda ingin melakukan yang terbaik dan mengerahkan segalanya karena Anda menginginkan ke final."

"Tadi itu sulit, ada empat pemain tengah di Inggris, sulit mengawal mereka. Namun juga ada hubungannya dengan kualitas lawan, tidak ada hubungannya dengan kami. Mereka memang leih baik, di beberapa hal kami lebih banyak menguasai bola dan Inggris harus bermain sangat dalam, dan itu terjadi kepada kami di babak pertama."

"Ini tidak selalu tentang penampilan kami sendiri, juga karena kualitas lawan lebih baik. Kita membicarakan tentang Foden dan Bellingham sebagai contohnya, mereka itu kan pemain-pemain kelas dunia, dan di situasi-situasi seperti ini anda bisa menghadapi banyak kesulitan," Koeman menambahkan.

(rin/krs)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat