detskikut.com

Eks Timnas Inggris Ini Bertekad Menang Lelang Trofi Bola Emas Maradona

Diego Maradona dan Bola Emas Piala Dunia 1986
Bola emas Diego Maradona di Piala Dunia 1986. (Foto: Presse Sports)

Jakarta -

Trofi Bola Emas Adidas milik Diego Maradona akan dilelang. Eks bek Timnas Inggris, Terry Butcher, dan mantan pemain Timnas Argentina, Ossie Ardiles, mengenang sosok Maradona jelang pelelangan.

Lelang trofi itu akan dilakukan di Rumah Lelang Internasional Aguttes, Neuilly-sur-Seine, Paris, Prancis, pada 6 Juni mendatang. Maradona mendapatkannya usai membawa Argentina juara Piala Dunia 1986 dan menjadi pemain terbaik.

Pada event Piala Dunia 1986 yang berlangsung di Meksiko itu, Maradona mencetak brace melawan Inggris pada babak perempatfinal. Ada gol ikonik milik Maradona yang dikenal dengan sebutan "gol tangan Tuhan".

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Maradona juga memperlihatkan aksi individunya. Dia menggiring bola dan melewati banyak pemain Inggris termasuk tekel terakhir dari Butcher untuk kemudian membobol gawang Peter Shilton. Argentina menang 2-1 di laga itu.

GLASGOW, SCOTLAND - MAY 16: Terry Butcher and Ossie Ardiles promote Aguttes Auction House's sale of Diego Maradona's 1986 Golden Ball Trophy on June 6th in Paris. www.aguttes.com.  (Photo by Craig Foy / SNS Group)Terry Butcher dan Ossie Ardiles. (Foto: SNS Group/Craig Foy - SNS Group)

"Saya akan membayar 7 juta (paun) untuk membeli Bola Emas Maradona. Saya hanya mau menghancurkannya," canda Butcher dalam keterangan pers yang diterima detikSport.

ADVERTISEMENT

"Saya ingin mengatakan bahwa Maradona pemain terbaik yang pernah saya lawan dan tentu saja merupakan penantang pemain terhebat yang pernah ada; dia sungguh tidak perlu berbuat curang," sambungnya.

Pemain Inggris lainnya di laga itu sempat bertukar jersey dengan Maradona, yakni Steve Hodge. Jersey itu sudah dilelang dan terjual lebih dari 7 juta paun. Melihat hal itu, Butcher merasa trofi Bola Emas milik Maradona bisa terjual lebih mahal daripada jersey.

Senior Maradona di sepakbola Argentina, Ossie Ardiles, mengenang rekannya tersebut. Maradona dianggap sosok yang mampu mengalahkan kemiskinan dan pesepakbola sempurna.

"Dia memiliki kehidupan yang bermasalah, tapi yang harus selalu kita ingat, dia adalah seorang anak yang mengalahkan kemiskinan untuk menjadi pesepakbola terhebat di dunia. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna, tapi Diego Armando Maradona adalah pesepakbola yang sempurna," kata Ardiles.

"Saya bangga pada Anda, kawan, atas semua yang telah Anda capai, atas kegembiraan dan kebahagiaan yang Anda bawa ke begitu banyak orang di seluruh dunia. Legenda Anda akan hidup selamanya," tegasnya.



Simak Video "Trofi Bola Emas Maradona Dilelang, Diprediksi Tembus Jutaan Dolar"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat