detskikut.com

Indonesia Lolos Ronde Tiga, STY Buka Opsi Cari Diaspora Lagi

Shin Tae-yong dan Thom Haye dalam jumpa pers usai Indonesia mengalahkan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).
Shin Tae-yong dan Thom Haye. Foto: Muhammad Robbani/detiksport

Jakarta -

Keberhasilan Indonesia melaju ke ronde tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia membuat pelatih Shin Tae-yong membuka opsi untuk kembali mencari pemain diaspora yang bersedia memperkuat Garuda.

Gol dari Thom Haye dan Rizky Ridho memastikan Indonesia menang 2-0 atas Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (11/6/2024). Tambahan tiga poin mengunci posisi Indonesia sebagai runner-up Grup F dengan 10 poin dan tak mungkin lagi dikejar oleh Vietnam.

Pada ronde tiga nanti, Indonesia berpotensi jumpa lawan-lawan yang jauh lebih kuat seperti Korea Selatan maupun Jepang. Melihat kondisi itu, Shin Tae-yong merasa timnya perlu penambahan pemain berkualitas.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Memang jika ada pemain yang berdarah Indonesia dan performanya baik, pasti akan diajukan (naturalisasi) lagi," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan seusai laga.

"Kita lolos ke ronde ketiga, tak ada lawan yang mudah. Apalagi FIFA ranking kita (di posisi) 134, lawan-lawan kita lebih baik, dan kita tim yang paling lemah dari yang sudah lolos ke ronde ketiga," ujar Shin Tae-yong.

ADVERTISEMENT

"Tetapi mimpi saya, saya akan berusaha mencapainya, tidak akan menyerah (lolos ke Piala Dunia)," tuturnya.

Ronde tiga akan diikuti oleh 18 tim yang dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Dengan format kandang-tandang, setiap tim akan memainkan 10 laga.

Juara grup dan runner-up ronde tiga akan mengunci tiket otomatis ke Piala Dunia. Tim-tim peringkat tiga dan empat akan melanjutkan kiprahnya di ronde empat untuk memperebutkan 2 tiket langsung dan satu jatah playoff.

Saksikan Live DetikPagi:

Simak Video 'Timnas Indonesia Bungkam Filipina, Shin Tae-yong: Kita Bisa Cetak Sejarah':

[Gambas:Video 20detik]



(mro/adp)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat