detskikut.com

Daftar Sejarah yang Sudah Dicetak Shin Tae-yong Bersama Timnas Indonesia

JAKARTA, INDONESIA - JUNE 11: Head coach Shin Tae-yong of Indonesia acknowledge fans after the FIFA World Cup Asian second qualifier Group F match between Indonesia and Philippines at Gelora Bung Karno Stadium on June 11, 2024 in Jakarta, Indonesia. (Photo by Robertus Pudyanto/Getty Images)
Shin Tae-yong si pencetak sejarah di Timnas Indonesia, berikut ini daftarnya. (Foto: Getty Images/Robertus Pudyanto)

Daftar Isi
  • Daftar Sejarah Shin Tae-yong Bersama Indonesia
  • 1. Lolos Piala Asia Jalur Kualifikasi 2. Menjejak Fase Gugur Piala Asia 3. Timnas U-23 Sampai ke Semifinal Piala Asia 2024 4. Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona AFC untuk Pertama Kali
Jakarta -

Shin Tae-yong sudah menorehkan beberapa sejarah bersama Timnas Indonesia. Berikut daftarnya.

Di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024), Indonesia menang 2-0 atas Filipina. Dengan hasil itu, tim Merah-Putih melaju di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Raihan ini menjadi perjalanan terjauh Timnas di sepanjang keikutsertaan di Kualifikasi Piala Dunia. Shin Tae-yong sudah menciptakan banyak sejarah, ini rinciannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daftar Sejarah Shin Tae-yong Bersama Indonesia

1. Lolos Piala Asia Jalur Kualifikasi

Timnas Indonesia dibawa lolos Piala Asia dua kali lewat jalur kualifikasi oleh Shin Tae-yong. Yang pertama, saat Piala Asia 2023. Indonesia lolos ke turnamen di Qatar setelah memenangi persaingan dengan Kuwait, Nepal, dan Yordania.

Keberhasilan Indonesia melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, juga berarti Indonesia meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2027 yang akan berlangsung di Arab Saudi.

ADVERTISEMENT

Selain itu, Shin Tae-yong juga berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya pada edisi 2024.

2. Menjejak Fase Gugur Piala Asia

Timnas Indonesia menjejak ke babak fase gugur alias babak 16 besar Piala Asia 2023. Dengan pencapaian itu, Indonesi pun untuk pertama kalinya sukses lolos dari fase grup di pesta sepakbola Asia.

Indonesia terhenti di babak 16 besar setelah dikalahkan oleh Australia dengan skor telak 0-4.

3. Timnas U-23 Sampai ke Semifinal Piala Asia 2024

Kendati menjadi debutan di Piala Asia U-23 2024, Indonesia mampu mencatatkan prestasi tinggi. Garuda Muda sampai babak semifinal, harus puas finis keempat.

Indonesia akhirnya gagal tampil di Olimpiade 2024 setelah kalah dari Guinea di babak playoff wakil Asia dan wakil Afrika.

4. Indonesia Lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona AFC untuk Pertama Kali

Indonesia dibawa Shin Tae-yong lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia untuk pertama kalinya. Indonesia finis kedua di klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F dengan 10 poin, berjarak delapan poin dari Irak di posisi pertama.

Indonesia bersaing dengan 17 tim lainnya untuk mendapatkan enam tiket langsung ke Piala Dunia 2026. Undian grup baru akan dilakukan pada 27 Juni 2024.

Simak Video 'Jokowi soal Timnas Lolos Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia: Ini Sejarah!':

[Gambas:Video 20detik]

(cas/krs)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat