detskikut.com

Rumput Lapangan GBK Dijanjikan Lebih Oke saat Kualifikasi Piala Dunia

Laga Indonesia vs Vietnam akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada Jumat (6/1/2023). Kick off-nya pukul 16.30 WIB.
Revitalisasi rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno diyakini selesai tepat waktu. Foto: Istimewa dok. situs resmi Setneg)

Jakarta -

Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK) optimistis penyelesaian revitalisasi lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno bakal rampung tepat waktu. Dengan begitu, Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga bisa digelar Oktober-November mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Pembangunan dan Pemeliharaan PPK GBK David Prasetyan dalam acara media breafing teknis pekerjaan revitalisasi lapangan SU GBK, di Media Room GBK, Rabu (10/7/2024).

Selain itu juga hadir Direktur Umum GBK, Hadi Sulistia, Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan GBK, Sri Lestari Puji Astuti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti diketahui, PPK GBK saat ini tengah melakukan peningkatan layanan publk dan optimalisasi pemanfaatan aset-aset negara untuk kepentingan publik yang lebih luas.

Salah satu upaya peningkatan tersebut dengan melakukan pekerjaan revitalisasi lapangan atau field of play (FOP) di Stadion Utama GBK. Bagaimana pun, lapangan menjadi hal yang paling disorot publik, setelah kondisi rumput yang tidak oke untuk dipakai dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua pada Juni lalu.

ADVERTISEMENT

PPK GBK sendiri telah memulai rangkaian revitalisasi pada akhir Juni 2024 dan dijadwalkan selesai di November mendatang.

"Jadi apa yang kami lakukan sampai tahap sekarang yaitu perataan lapangannya. Kemarin pembongkaran ada lapisan pasir yang terangkat sehingga harus diisi ulang. Saat ini progresnya sudah sampai 30 persen," kata David.

"Ekspetasi kami tanggal 21 (Juli) sudah masuk tanam rumput hingga akhir Juli. Jadi kami lakukan grow in kekuatan rumputnya sehingga akhir Oktober kita sudah bisa lakukan uji fungsi lapangan sehingga bisa fit untuk persiapan kualifikasi Piala Dunia 2026," tuturnya.

Jadwal pertandingan Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga akan berlangsung mulai 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

Pada September, Indonesia akan bermarkas di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebab, ada kegiatan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, di Indonesia pada 3-6 di bulan tersebut. Indonesia berpeluang kembali ke SU GBK setelah kegiatan tersebut selesai.

"Jadi nanti dikosongkan lebih dari dua bulan (setelah acara Pemimpin Gereka Katolik Dunia Paus). Kami sebenarnya optimistis sekali. Hujan tak hujan kami terus kerjakan karena tahun lalu, bulan Juni), hujan juga. Tapi hampir tak ada kendala berarti. Justru fase terberatnya itu saat pembongkaran kemarin. Jika masih banyak air itu berat, tapi sudah lewat," kata David.



Jokowi-Iriana Nonton Langsung Indonesia vs Irak di GBK

Jokowi-Iriana Nonton Langsung Indonesia vs Irak di GBK


(mcy/cas)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat