detskikut.com

PSSI Lanjutkan Proses Naturalisasi 3 Pemain buat Timnas U-19

Logo PSSI
Foto: Amalia Dwi Septi

Jakarta -

PSSI akan melanjutkan proses naturalisasi tiga pemain keturunan buat Timnas Indonesia U-19. Mereka adalah Mauresmo Hinoke, Dion Markx, dan Tim Geypens.

Mauresmo Hinoke adalah pemain FC Dordrecht U-21, Dion Markx asal NEC Nijmegen U-21, dan Tim Geypens daei FC Twente U-21. Sebelumnya PSSI sudah lebih dulu menuntaskan naturalisasi Jens Raven.

Jens Raven disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 27 Juni 2024. Saat ini Jens Raven sudah bergabung dalam Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 jelang Piala AFF U-19 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tiga nama yang kita lanjutkan (naturalisasi). Kalau Jens Raven kan sudah beres. (Tiga lainnya) itu ada Tim (Geypens), lalu (Mauresmo) Hinoke, dan Dion (Markx)," kata Manajer Timnas U-19 Ahmed Zaki kepada wartawan.

"Mereka posisinya berbeda, yang direkomendasikan untuk dilanjutkan (ke proses naturalisasi) dan perkembangannya (biar) mereka berkarya di Belanda atau di luar. Itu kan lebih bagus dan lebih baik untuk mereka," ujarnya menambahkan.

ADVERTISEMENT

Ia juga bicara soal peluang ketiga pemain tersebut tampil bersama Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Soal ini Ahmed Zaki belum dapat memastikan.

Adapun Kualifikasi Piala Asia U-20 akan berlangsung 21-29 September. Timnas Indonesia U-20 tergabung di Grup F bersama Yaman, Timor Leste, dan Maladewa.

"Nanti kita lihat proses kewarganegaraan Indonesia-nya seperti apa, karena (akan) memakan waktu, seperti berkas yang harus dilengkapi dan persyaratan lainnya."

"Kalau yang sudah siap, seperti Jens Raven sudah kita bawa (ke Piala AFF U-19 2024)," ucap Ahmed Zaki.

(mro/krs)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat