detskikut.com

Bos LaLiga Apresiasi Sanksi Pidana Pelaku Rasisme Vinicius

The president of Spanish football Liga Javier Tebas gestures during an AFP interview in Madrid on February 14, 2023. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP) (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP via Getty Images)
Bos LaLiga, Javier Tebas. (Foto: AFP via Getty Images/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Madrid -

Keputusan bersejarah dalam sepakbola Spanyol terjadi saat pelaku rasisme kepada Vinicius Junior dijatuhi pidana. Bos LaLiga, Javier Tebas, mengapresiasi itu.

Tiga orang dinyatakan bersalah dalam kasus serangan rasial ke Vinicius di markas Valencia pada 21 Mei 2023. Pengadilan menjatuhkan ketiganya sanksi kurungan penjara, Senin (10/6/2024) malam WIB.

Ketiga pelaku dinilai melanggar pasal 173.1 KUHP terkait diskriminasi karena alasan rasis. Ketiganya disanksi pidana delapan bulan penjara dan dilarang memasuki stadion sepakbola tempat pertandingan LaLiga dan atau Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) selama dua tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Melansir AS Diario, ini menjadi hukuman pertama yang dijatuhkan di Spanyol terkait masalah rasisme sepakbola. Vinicius, Real Madrid, LaLiga, dan RFEF sebelumnya mengajukan pengaduan untuk mengusut kasus ini di ranah hukum.

Javier Tebas menyebut keputusan pidana sebagai kabar baik perjuangan melawan rasisme. Dia juga mendesak pemerintah Spanyol untuk memiliki perangkat hukum lebih kuat untuk memerangi diskriminasi rasial.

ADVERTISEMENT

"Ini adalah berita bagus untuk perjuangan melawan rasisme di Spanyol, karena ini memperbaiki kerusakan yang dialami Vinicius Jr dan mengirimkan pesan yang jelas kepada orang-orang yang pergi ke stadion sepakbola untuk menghina, bahwa LaLiga akan mendeteksi mereka, melaporkan mereka, dan akan ada konsekuensi pidana bagi mereka," kata Javier Tebas, dilansir dari AS Diario.

Real Madrid's Brazilian forward Vinicius Junior reacts to being insulted pointing at the stands during the Spanish league football match between Valencia CF and Real Madrid CF at the Mestalla stadium in Valencia on May 21, 2023. (Photo by JOSE JORDAN / AFP) (Photo by JOSE JORDAN/AFP via Getty Images)Vinicius Jr saat jadi korban rasisme di Stadion Mestalla. (Foto: AFP via Getty Images/JOSE JORDAN)

"Saya memahami mungkin ada beberapa rasa frustrasi karena lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menjatuhkan hukuman ini, tetapi ini menunjukkan Spanyol sebagai negara yang memberikan jaminan di tingkat pengadilan," sambungnya.

"Dalam hal ini, dari LaLiga kami hanya bisa menghormati masa keadilan dan sekali lagi menuntut agar undang-undang Spanyol diubah sehingga kami memiliki lebih banyak kekuatan sanksi yang dapat mempercepat masa perjuangan melawan rasisme," Javier Tebas mengungkapkan.



Simak Video "Momen Vinicius Junior Menangis Jadi Korban Rasis"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat