detskikut.com

Atlet MTB XC Sayu Bella Ngegas Awal Tahun, Juara di Thailand

Sayu Bella selaku atlet BMX Indonesia berjaya di Thailand MTB Cup 2024.
Sayu Bella berjaya di Thailand MTB Cup 2024 (dok.Thailand Cycling Federation)

Kanchanaburi -

Atlet MTB XC Sayu Bella Sukma Dewi langsung ngegas di awal 2024. Dia sukses membawa pulang medali emas dari ajang Thailand Mountain Bike Cup 2024.

Ajang tersebut dihelat di Kanchanaburi, Thailand, 16-17 Januari, di mana Sayu Bella turun di kelas U-23 XCO dan Women Elite. Kejuaraan ini sekaligus merupakan kejuaraan perdana bagi Sayu, setelah bergabung dengan tim barunya Asia Union TCS Racing Team 4 Januari.

Pada kelas U-23 XCO, Sayu Bella jadi yang terbaik setelah mencatatkan waktu 1 jam 7 menit 47 detik, unggul 2 menit 8 detik dari atlet Thailand Yothanan Phonkla.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Cross Country Olympic (XCO) adalah salah satu disiplin pertandingan MTB XC di mana peserta harus menyelesaikan beberapa putaran (lap) yang dimulai secara bersamaan dan bisa menyentuh garis finis tercepat.

Seentara di kelas Women Elite, Sayu Bella naik podium lagi meski cuma finis kedua dan meraih medali perak. Bagi Sayu Bella, gelar juara itu merupakan awal yang manis untuk mengawali tahun.

ADVERTISEMENT

Sayu Bella selaku atlet BMX Indonesia berjaya di Thailand MTB Cup 2024.Sayu Bella selaku atlet MTB Indonesia berjaya di Thailand MTB Cup 2024. Foto: dok.Thailand Cycling Federation

Ini jadi bukti bahwa Sayu Bella memang lagi menanjak prestasinya dalam dua tahun terakhir. Sejak 2022, Sayu Bella bolak-balik tampil di ajang internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

Dia membawa Indonesia mencicipi kejuaraan cross-country pertama pada SEA Games 2023 dengan memborong dua medali emas setelah 10 tahun lebih paceklik. Pada tahun 2022, Sayu Bella juga berhasil membawa Indonesia juara dua pada Asia Cycling Championship.

"We did it! Thank you, Oscar," ucap Sayu pada laman story Instagram-nya.

Siapa itu Osca? Oscar adalah nama yang diberikan Sayu kepada sepeda Polygon Syncline C andalannya. Meski sempat mengalami kecelakaan ringan saat latihan, tetapi Sayu berhasil menyelesaikan balapannya dengan sangat baik.

Keberhasilan Sayu menjadi juara ini juga tak lepas dari tim yang ada di belakang, terutama pelatih dan tentunya sepeda yang dipakai. DEngan Syncline C Series, wanita 20 tahun itu berhasil menaklukkan track teknikal, berbatu, serta tidak rata yang disuguhkan oleh tanah Kanchanaburi, Thailand.

"Kami senang bisa mendukung atlet-atlet Indonesia untuk bisa meraih prestasi di kejuaraan internasional. Dua kolaborasi apik atlet Indonesia dengan brand asal Indonesia juga. Semoga ini bisa menjadi pembuktian di mata dunia bahwa anak-anak bangsa bisa mengukir prestasinya di mata dunia," papar Brand Marketing Polygon Bikes, Veronica Vivin, dalam keterangan kepada detikSport.



Simak Video "Ratusan Nakes di Dompu Mogok Kerja Gegara Dilarang Daftar PPPK"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat