detskikut.com

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia, 10 Negara Ambil Bagian

Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Barongsai dengan memperebutkan Piala Presiden. Ajang ini perdana bergulir di Tanah Air.
Foto: dok. FOBI

Jakarta -

Indonesia akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Barongsai dengan memperebutkan Piala Presiden. Ajang ini perdana bergulir di Tanah Air.

Kejuaraan ini bertajuk First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024, berlangsung di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta pada 17-19 Mei.

Event yang digagas Pengurus Besar Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (PB FOBI) ini akan diikuti 550 atlet dari 10 negara di dunia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain Indonesia, negara yang terlibat adalah Singapura, Hong Kong, Malaysia, Myanmar, Vietnam, China, Taiwan, Thailand, dan Australia.

"Kejuaraan ini merupakan kegiatan yang pertama kali diselenggarakan oleh PB FOBI sejak diterima sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada 20 Februari 2013," kata Ketua Umum PB FOBI Edy Kusuma seperti dilansir Antara.

ADVERTISEMENT

Selain memperebutkan Piala Presiden, ajang kelas dunia itu akan memperebutkan dua piala berbeda. Total ada tiga jenis kelompok pertandingan, yakni kelompok pertama akan memperebutkan Piala Presiden melalui pertandingan Barongsai (Southern Lion Dance).

Untuk kelompok kedua, lanjut dia, adalah pertandingan Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Kemudian, terakhir adalah pertandingan Naga (Dragon Dance) dan akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan.

Panitia telah mengadakan pelbagai persiapan, termasuk antar jemput para atlet mancanegara dan segala keperluan akomodasi sejak mereka datang dan kembali ke negaranya. Pelayanan yang sama juga diberikan kepada para atlet nasional Indonesia.

Semua upaya ini diberikan untuk menciptakan suasana dan kenyamanan bagi para atlet yang akan bertarung. Demikian juga dengan para juri yang akan memimpin kejuaraan. Mereka adalah para juri berpengalaman yang diundang dari beberapa negara dan memiliki sertifikat juri internasional sehingga layak untuk memberikan nilai kepada setiap tim yang bertanding.



Simak Video "Rayakan Imlek, Stasiun Bandung Gelar Pertunjukan Barongsai"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat