detskikut.com

Ada Lagi Pebalap Indonesia Naik Podium di TCR Asia Series 2024

Pebalap Indonesia naik podium TCR Asia International Series 2024 di Malaysia. Kali ini Umar Abdullah.
Umar Abdullah (paling kanan memakai jersey merah) (dok.Pribadi)

Sepang -

Ada satu lagi pebalap Indonesia naik podium TCR Asia International Series 2024 di Malaysia. Kali ini Umar Abdullah yang berlaga di kelas profesional.

Umar menjadi salah satu dari empat pebalap Tanah Air yang mengaspla di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, Sabtu-Minggu, 4-5 Mei kemarin. Selain Umar, ada Benny Santoso, Dypo Fitra, dan Budiyanto.

Umar menggunakan mobil Honda Civic FL5 TCR, dan dibanding ketiganya, dia turun di kelas berbeda karena sudah sering membalap di sirkuit Sepang dan menjadi juara, yakni di kategori Pro Class. Sementara tiga kompatriotnya masuk kategori Kelas Amatir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Umar bahkan sudah ngegas sejak sesi latihan bebas pertama, Jumat (3/5/2024) dengan jadi pebalap tercepat dari 11 peserta. Itulah yang membuat panitia memasukkan Umar ke Pro Class, sekalipun dirinya adalah debutan di ajang TCR ketimbang empat pebalap lainnya.

"Baru mulai balap TCR tahun lalu. Itu pun, bukan dari awal, melainkan pertengahan musim di kelas ITCR 3600 Max ISSOM," ujar Umar dalam rilis kepada detikSport.

ADVERTISEMENT

Pebalap Indonesia naik podium TCR Asia International Series 2024 di Malaysia. Kali ini Umar Abdullah.Pebalap Indonesia naik podium TCR Asia International Series 2024 di Malaysia. Kali ini Umar Abdullah. (Foto: dok.Pribadi)

Hasilnya pada dua race tersebut, Umar berhasi finis lima besar. Setelah finis keempat di race pertama, Umar lantas naik podium dengan finis ketiga di race kedua.

Secara peringkat keseluruhan, Umar juga satu tingkat di atas Dypo Fitra yang merupakan rekan satu tim di Bank BJB Delta Garage Racing Team yang menjadi juara di ronde pertama TCR Asia Series Cup (Am Class).

Saat finis posisi ketiga di balapan Pro Class 2, dia juga finis di atas Benny Santoso selaku juara di kelas amatir pada hari kedua.

"Senang, Alhamdulillah. Dan, bangga juga bisa P3 Overall Pro TCR Asia Series," kata Umar.

Hasil yang membuat Umar senang mengingat banyak pebalap top di kelas Pro TCR tahun ini. Sebut saja Max Hart (Irlandia), Zhang Zhen Dong (China) hingga Hwang Do Yun (Korea Selatan).

Dengan pencapaian ini, Umar pun mematok target tiga besar untuk musim ini. Dia mengaku tidak banyak melakukan persiapan untuk menghadapi balapan ini.

Umar kini menduduki posisi ketiga klasemen dengan 61 poin. Peringkat satu ditempati Max Hart dengan 85 poin, diikuti Zhang Zhen Dong dengan 82 poin.

"Target saya, poin 3 baik secara keseluruhan. Insyaallah bisa konsisten sampai akhir musim TCR Asia Series 2024," papar Umar.

"Setting mobil juga masih terbatas. Karena waktu mepet, mobil sampai 1 Minggu sebelum raceday. Insyallah putaran 2 lebih baik dan jaga poin."



Simak Video "Arne Slot Konfirmasi Latih Liverpool Musim Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat