detskikut.com

WEC 2024: Team WRT Ingin Menangi Balapan Kandang di Spa

Sean Gealel
Sean Gelael dan Team WRT 31 bertekad menang di Spa akhir pekan ini (dok.Team WRT)

Stavelot -

Kemenangan di Imola dua pekan lalu tidak bikin Team WRT puas. Mereka ingin menyapu bersih lagi balapan kandang akhir pekan ini.

Pada balapan 6 Hours of Imola, dua mobil WRT meraih hasil apik. WRT 31 yang diperkuat Sean Gelael finis pertama diikuti WRT 46 yang diperkuat Valentino Rossi.

Hasil itu terbilang bersejarah karena jadi BMW M Motorsport meraih kemenangan pertamanya sejak ikut WEC. Sebenarnya sebagai pemasok mesin dan sebagai tim, BMW pernah memenangi balapan ketahanan bergengsi, 24 Hours of Le Mans.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pada 1995 mereka menang sebagai pemasok mesin (McLaren F1 GTR-BMW), sementara pada 1999 menang sebagai tim (Team BMW Motorsport).

Hanya, saat itu balapan ketahanan belum masuk kalender (FIA World Championship). FIA WEC baru resmi terselenggara pada 2012, yang terdiri dari 24H of Le Mans ditambah beberapa balapan ketahanan lain dalam durasi beragam, ada 6, 8, dan 10 jam.

ADVERTISEMENT

Kemenangan WRT 31 dan BMW di Imola juga berlangsung dramatis, di mana kedua mobil pada saat hujan justru sama-sama malah memakai ban kering dengan perjudian kondisi basah tak terlalu lama dan beberapa bagian lintasan tidak terlalu basah. Dan perjudian itu pun berhasil.

Akhir pekan ini, WRT akan tampil di balapan kandang 6H of Spa, yang kerap diguyur hujan lebat. Tentu akan berisiko tinggi bila pemakaian ban kering kembali diulangi Sabtu nanti. Selain trek yang akan sangat basah bila hujan, juga terdapat banyak tikungan berbahaya bila lintasan licin, seperti Eau Rouge dan Raidillon.

Andreas Roos selaku Head of BMW M Motorsport senang timnya mengalami kemajuan signifikan sejak putaran pertama di Qatar dan lalu di Imola, baik di kelas Hypercar atau LMGT3.

"Saya mengucapkan terima kasih untuk semua yang telah bekerja keras. Kita tinggal memanfaatkan momentum positif ini untuk tampil konsisten," ujar Roos dalam rilis kepada detikSport.

Sementara, Sean yang pernah menang di Spa-Francorchamps bersama Team WRT, mengaku terpacu untuk mengulangi hasil tahun 2022 itu. Kala itu Sean berlaga di kelas LMP2, dan kini di kelas LMGT3.

"Kami masih berlaga di kelas LMP2 dan rekan setim saya kini semua di kelas Hypercar, Rene Rast dan Robin Frinjs. Namun bersama Augusto dan Darren semangat tetap sama, semangat untuk menang lagi," kata Sean.

Sebagai pemenang di Imola dan peringkat dua klasemen sementara LMGT3, WRT 31 akan ketambahan beban 25 kg dampak regulasi BoP (Balance of Performance). Sementara itu WRT 46 hanya ketambahan 10 kg sebagai runner-up di Imola.

Race 6 Hours of Spa disiarkan langsung www.sean-gelael.com mulai pukul 18.00 WIB, Sabtu (11/5).

Klasemen Sementara LMGT3
1. Manthey PureRxcing 92 (poin 54)
2. Team WRT 31 (poin 37)
3. Heart of Racing Team 27 (poin 37)



Simak Video "Kemegahan dan Keseruan BNI Media Clash 3.0"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/ran)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat