detskikut.com

Ada Balapan Baru di Mandalika, Radical Indonesia Series Namanya

Satu lagi balapan baru hadir di Sirkuit Mandalika mulai tahun ini, namanya Radical Indonesia Series (RIS)
Foto: dok.Radical Motorsport

Lombok Tengah -

Satu lagi balapan baru hadir di Sirkuit Mandalika mulai tahun ini, namanya Radical Indonesia Series (RIS). Seperti apa?

Balapan ini merupakan hasil kerjasama PT Nora Jelajah Dunia (Nora) selaku pemilik Radical Motorsport Indonesia dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku Pengelola Pertamina Mandalika International Circuit.

Kejuaraan balap mobil Radical pertama di Indonesia yang dianggap sebagai inovasi baru dalam dunia balap mobil di Indonesia. Berbeda dengan mobil sport yang ada selama ini di Indonesia, mobil Radical merupakan mobil balap khusus track, dengan desain open-cockpit layaknya mobil Formula.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mobil Radical versi entry level memiliki rekor kecepatan 222 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,5 detik. Menyaksikan pebalap Radical bersaing di sirkuit Mandalika akan pengalaman baru bagi para pecinta balap di Indonesia.

Rencananya RIS akan dihelat di tahun 2024 dan 2025. Untuk seri perdana tahun ini digelar dalam seri final Mandalika Racing Series (MRS) 19-20 Oktober 2024.

ADVERTISEMENT

Radical Motorsport Indonesia telah bersepakat dengan Pride Motorsport (promotor Mandalika Racing Series) lewat kontrak kerjasama yang ditandatangani Direktur Utama Nora, Mutiara Gita Maharani, dengan Direktur Utama Pride Motorsport, Eddy Syaputra, yangg disaksikan Dirut MGPA Bapak Priandhi Satria.

Hadirnya Radical Indonesia Series diharapkam bisa memberikan warna baru dengan menghadirkan pengalaman balap Radical yang belum pernah ada sebelumnya.

"Terselenggaranya kejuaraan balap mobil Radical Indonesia Series di Pertamina Mandalika International Circuit membuktikan komitmen MGPA terhadap kemajuan dunia motorsport di Indonesia serta menegaskan sebagai sirkuit bertaraf internasional. Kejuaraan ini menjadi langkah awal menuju kejuaraan dunia mobil Radical, yaitu Radical Cup. Hal ini juga menunjukkan kesiapan Pertamina Mandalika International Circuit untuk menyelenggarakan ajang internasional lainnya," ujar Priandhi dalam rilis kepada detikSport.

Radical Indonesia Series juga akan diselenggarakan minimal tiga kali di tahun 2025. Seri pertama di 2025 akan diselenggarakan dalam ajang balap bergengsi GT Fanatec Asia bulan Mei 2025.

"Diadakannya Radical Indonesia Series adalah bagian dari komitmen kami untuk turut mendukung perkembangan balap mobil di Indonesia dan industri Sportourism di Mandalika. Dengan dukungan penuh dari MGPA sebagai partner kami, dan kolaborasi dengan Pride Motorsport selaku promotor Mandalika Racing Series di 2024-2025 dan GT Fanatec di 2025, yang sudah memiliki reputasi kuat dalam dunia balap, semakin memperkuat posisi Radical Indonesia Series sebagai acara yang patut dinanti-nantikan. Keyakinan kami bahwa Radical Indonesia Series akan memberikan pengalaman balap yang berbeda dan luar biasa bagi peserta dan penggemar Balap di Indonesia," kata Gita.

Dengan segala persiapan yang matang dan dukungan dari berbagai pihak, Radical Indonesia Series siap untuk mengukir sejarah baru dalam dunia balap di Indonesia. Pantau selalu info tentang Radical Indonesia Series di Instagram @radicalmotorsport.idn



Pemerintah Buka Peluang Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah F1

Pemerintah Buka Peluang Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah F1


(mrp/pur)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat