detskikut.com

Menpora Dito Sebut Persiapan Olimpiade Sudah 80 Persen, Sisanya Apa?

Menpora Dito Ariotedjo
Menpora Dito (Foto: Mercy Raya/detikSport)

Jakarta -

Menpora Dito Ariotedjo menyebut persiapan atlet menuju Olimpiade Paris 2024 sudah 80 persen. Menurutnya, saat ini tinggal proses keberangkatan, administrasi, dan adaptasi lapangan.

Indonesia telah memastikan 29 atlet akan tampil di Olimpiade Paris yang berlangsung mulai 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang. Jumlah itu berasal dari 12 cabang olahraga yaitu panahan (4), panjat tebing (4), bulutangkis (9), menembak (1), selancar (1), atletik (1), balap sepeda (1), judo (1), rowing (1), renang (2), angkat besi (3), dan senam (1).

Serangkaian persiapan pun telah dilakukan oleh masing-masing cabang olahraga, dengan dukungan dari Kemenpora, tim Chef de Mission, dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menpora Dito menyebut atlet tinggal mempersiapkan diri jelang keberangkatan.

"Persiapan 80 persen lah ini dikit lagi. Tinggal nanti berangkat, ya 20 persen lagi keberangkatan nanti bagaimana, administrasi, dan juga adaptasi di lapangannya," kata Dito kepada pewarta, saat ditemui usai acara di Istana Negara.

ADVERTISEMENT

Adapun sejumlah atlet dijadwalkan akan berangkat lebih dulu training camp sebelum terbang ke Paris mulai 13 Juli. Salah satu contoh, bulutangkis yang akan bertolak ke Chambly selama beberapa hari, setelah itu baru bergabung dengan kontingen Indonesia mendekati hari pertandingan Olimpiade.

"Iya lagi diatur jadwalnya (untuk pelepasan oleh Presiden RI pada tanggal 10 Juli)," ucap Dito.

Masih berkaitan dengan itu, politikus Golkar itu memohon selalu dukungan dan doa masyarakat kepada Tim Indonesia agar meraih hasil maksimal di pertengahan Juli ini.

Indonesia terakhir kali merebut medali emas dari cabang olahraga bulutangkis. Melalui ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, serta medali perunggu dari tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Selain itu, medali perak dari lifter Eko Yuli Irawan, dan dua perunggu dari Rahmat Erwin Abdullah dan Windy Cantika Aisah.

Nah, di tahun ini selain bulutangkis dan angkat besi, Tim Indonesia berpeluang meraih medali emas dari panjat tebing disiplin cabang kecepatan.

"Alhamdulillah Olimpiade kita tahun ini ada 29 atlet. Bisa dikatakan terbanyak 15-20 tahun ke belakangan. Jadi insyaallah hasilnya juga bagus mengukir sejarah. Mohon dukungan masyarakat," ucapnya.

(mcy/aff)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat