detskikut.com

Kontingen Olimpiade Paris 2024 Indonesia Resmi Dikukuhkan

Kontingen Olimpiade Paris 2024 Indonesia
Foto: Mercy Raya/detikSport

Jakarta -

Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 resmi dikukuhkan Menpora Dito Ariotedjo di Wisma Kemenpora, Jakarta, pada Rabu (10/7). Selamat berjuang Tim Merah Putih!

Dalam acara pengukuhan tersebut Menpora Dito Ariotedjo juga sekaligus bertindak sebagai pembina upacara, sementara Chef de Mission Anindya Bakrie membacakan laporan kesiapan atlet, dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memberikan sambutannya.

Diketahui, Tim Indonesia diperkuat 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan tampil di Olimpiade Paris yang berlangsung mulai 26 Juli hingga 11 Agustus mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jumlah itu berasal dari 12 cabang olahraga yaitu panahan (4 atlet), panjat tebing (4), bulutangkis (9), menembak (1), selancar (1), atletik (1), balap sepeda (1), judo (1), rowing (1), renang (2), angkat besi (3), dan senam (1).

"Pertama-tama kami laporkan, dalam sejarah panjang olahraga Indonesia hari ini adalah hari bersejarah kita melihat harapan dan dedikasi atlet yang mempersiapkan diri pada event internaisonal ini," kata Anindya dalam membaca laporannya.

ADVERTISEMENT

"Di depan kami ada 29 atlet dari 12 cabor, mereka berjuang untuk membela harga diri di Olimpiade 2024. Mereka adalah bukti dengan tekad tidak ada yang tak mungkin. Dengan visi Indonesia emas 2045 adalah dimulai dari ini."

"Ada 8-9 cabor yang menyelenggarakan TC di luar negeri. Kami terus memantau dan memberikan dukungan untuk kesuksesan mereka. Atlet akan masuk kota Paris dalam waktu berbeda. Tim CdM akan menyiapkan rumah garuda untuk Tim Indonesia dan atlet yang akan singgah sementara sebelum masuk perkampungan atlet," lanjutnya.

"Atlet sudah sangat siap untuk membela Merah Putih. Sekarang saya tinggal minta dukungan dan doa agar Indonesia berkumandang di Paris," ucap Anindya.

Kontingen Olimpiade Paris 2024 IndonesiaKontingen Olimpiade Paris 2024 Indonesia Foto: Mercy Raya/detikSport

Sementara itu, Oktohari mengingatkan bahwa 29 atlet yang lolos Olimpiade sudah merupakan atlet terbaik di dunia.

"Untuk Tim Indonesia tak ada alasan kalian gugup dan gusar karena kalian adalah atlet terbaik dan bukti merupakan yang terbaik di dunia. Nama Indonesia akan berkumandang di tangan kalian. Secara pribadi, saya meminta dukungan dan doa agar Indonesia Raya berkumandang di Olimpiade dan Bendera Merah Putih bersiri tegak di Paris," kata Oktohari.

"Mari kita berikan kado terindah bagi Indonesia sekaligus akhir dari masa jabatan Joko Widodo. Saya atas nama pribadi dan masyarakat olahraga meminta dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. Selamat bertanding para atlet Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo menitipkan pesan pada CdM Indonesia Anindya Bakrie untuk menjaga nama baik Indonesia selama di Paris.

"Bersama ini saya pesankan kepada CdM Indonesia untuk menjaga nama baik dan marwah bangsa iNdonesia selama menjadibtamu sebagai bangsa yang besar di Paris. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya mengukukan kontingen Indonesia Olimpiade Paris 2024," kata Dito.

Usai pengukuhan, para atlet melakukan prosesi pengucapan janji atet dan mencium bendera Merah Putih.

(mcy/aff)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat