detskikut.com

Panjat Tebing RI di Olimpiade 2024: Yang Jadi Fokus Veddriq Saat Ini

Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo
Foto: Mercy Raya/

Jakarta -

Atlet panjat tebing Indonesia Veddriq Leonardo mulai memfokuskan latihannya menjelang Olimpiade Paris 2024, dengan harapan bisa menajamkan catatan waktu.

Veddriq diketahui bakal tampil di Olimpiade untuk kali pertama. Ia lolos setelah tampil trengginas dalam dua ajang kualifikasi panjat tebing di Shanghai dan Budapest.

Di Shanghai, ia menjadi juara. Sementara di Budapest, Veddriq menempati podium ketiga.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedua hasil itu sudah cukup mengantarkannya ke Olimpiade 2024. Veddriq Leonardo mengumpulkan 91 poin dan menempati peringkat kedua kualifikasi yang merupakan syarat menuju Paris.

"Yang pasti persiapan dari tim pelatih memang fokus untuk pertandingan menjelang Olimpiade ini. Jadi latihannya lebih ke bentuk seperti simulasi dan persiapan khusus."

ADVERTISEMENT

"Maksudnya, lebih fokus ke teknik dan kecepatan. Spesifik ke manjatnya dan coba memperkecil catatan waktu," kata Veddriq saat ditemui pewarta di Jakarta Pusat.

Saat ini, rekor dunia masih dipegang Samuel Watson, atlet panjat tebing dari Amerika Serikat. Ia membukukan catatan waktu 4,79 detik. Hasil itu diperolehnya saat tampil di IFSC World Cup Wujiang April 2024.

Adapun rekor Olimpiade dipegang atlet Prancis, Bassa Mawem dengan catatan waktu 5,45 detik. Saat itu, ia tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Veddriq sendiri pernah mencatatkan waktu tercepat 4,83 detik saat di seri kualifikasi Shanghai pada Mei 2024.

"Itu bagus ya berarti olahraga ini sangat kompetitif dan semua orang punya tempat untuk berada di level atlet perfomance dan sangat bagus untuk perkembangan olahraga. Termasuk buat saya sebagai pengingat dan membantu saya untuk berlatih keras," tuturnya.

Atlet berusia 27 tahun ini juga menilai Olimpiade 2024 kali ini adalah momen paling krusial untuknya. Veddriq Leonardo tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan kepadanya.

"Saya memaknai Olimpiade ini sebagai hal yang sangat penting karena ini olimpiade pertama buat saya dan FPTI. Ya ini akan menjadi suatu yang bersejarah apalagi jika bisa berprestasi di Olimpiade," ujarnya.

"Dan yang pasti doa dari keluarga juga teman-teman, mengalir terus terima kasih. Saya pribadi yang pasti memang punya target untuk Olimpiade," ucap Veddriq.

(mcy/krs)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat