detskikut.com

Timnas Basket Indonesia Bersiap Hadapi SEABA U-18 & Asia Cup U-18

Timnas basket 3x3 putra dan putri Indonesia tengah menjalani persiapan ke ajang FIBA 3x3 Asia Cup 2024.
Foto: Dok. PP Perbasi

Jakarta -

Timnas junior basket Indonesia akan menghadapi banyak agenda menjelang Mei mendatang. PP Perbasi menggenjot persiapan dengan membentuk skuad terbaik di Bali.

Tahun ini menjadi kesempatan bagus untuk pemain-pemain muda basket Indonesia unjuk gigi. Dimulai dengan kejuaraan antarnegara Asia Tenggara kategori putri khusus U-18, yang digelar di Thailand pada 24-26 Mei 2024.

Timnas kelompok umur yang sama akan bertanding juga di FIBA U-18 Women's Asia Cup 2024 Division A. Ajang ini akan diselenggarakan di Senzhen, China, pada 24-30 Juni 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Untuk menghadapi kejuaraan tersebut, PP Perbasi sudah membentuk Timnas U-18 Putri di Bali. Seleksi dilakukan pada 22-24 Maret dan diikuti 54 pemain untuk mendapatkan 18 pemain.

Saat ini para pemain sedang menjalani pemusatan latihan dengan sistem promosi dan degradasi hingga 7 April, untuk kemudian dilanjutkan setelah Lebaran.

ADVERTISEMENT

Sementara untuk Timnas U-18 Putra, PP Perbasi akan melakukan seleksi dalam waktu dekat demi hadapi SEABA U-18. Ajang ini akan berlangsung di Malaysia 19-21 Juli 2024.

Jika lolos, mereka direncanakan kembali menjalani training center untuk dipersiapkan turun di ajang FIBA U-18 Asia Cup 2024 pada 2-9 September 2024.

"Terkait pemain putra U-18 yang akan berangkat ke Lithuania akan diumumkan segera April ini. Waktu keberangkatannya setelah kegiatan Timnas U-18 Putra," ujar Ketum PP Perbasi Danny Kosasih kepada pewarta yang dilaksanakan di Jakarta Selatan, Jumat (5/4/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Manajer Timnas U-18 Putra Murni Setionegoro, Pelatih Timnas 3X3 Putri Fandi Andika Ramadhani, manajer Timnas Basket Putra Rony Gunawan, Gianita Kadarisman selaku Deputy Consul General Lithuania dan perwakilan pemain serta perwakilan orang tua.

Ketum Perbasi Danny Kosasih turut menyebut bahwa timnas 3x3 punya agenda menuju Nations League di China. Seleksi untuk ajang tersebut akan digelar di kota Yogyakarta pada April ini.

"Target kami, para pemain muda 3x3 ini bisa lebih terus terasah kemampuannya dengan terlibat di berbagai kejuaraan. Harapannya pada tahun 2025 di Seagmes Thailand serta Olimpiade 2028 Timnas kita bisa berpeluang main di sana," kata Danny.



Simak Video "KuTips: Olahraga Minim Cedera Seusai Absen di Ramadan-Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/raw)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat